can you count me?

welcome snack to you

Selamat datang di blog PMR SMPN 115 Jakarta.
di blog ini kami akan berbagi tentang kegiatan dari ekstrakulikuler dan beberapa tips kesehatan yang mungkin berguna untuk pembaca sekalian.
Jika ada saran dan kritik bisa disampaikan melalui
chatbox di bagian kanan.
Salam Perdamaian Dunia!

Senin, 03 Agustus 2009

Celup Saus Sekali Saja

Mencelupkan keripik atau penganan lain ke saus, menggigitnya, lalu mencelupkannya lagi, memang bisa menyebarkan kuman. Apalagi kalau saus tersebut dinikmati beramai-ramai.

Masih menurut penelitian Paul Dawson dari Clemson University, kebiasaan berulang kali mencelupkan makanan bisa memindahkan ribuan bakteri saliva ke saus. Lima puluh hingga seratus di antaranya akan menulari penganan yang bersih, yang kemudian berakhir di mulut orang lain.

Masih belum diketahui berapa lama bakteri saliva bisa bertahan, atau apakah bakteri itu bisa mengakibatkan infeksi dalam saluran pencernaan kita.

Anjuran:
Sebaiknya ita agak berhati-hati kalau mau menikmati penganan bersaus bersama teman-teman. Mencelupkan penganan ke dalam saus yang sudah dua kali digunakan oleh orang lain, sama saja dengan mencium orang tersebut. Paul juga mengatakan kalau terutama kita harus berhati-hati dengan saus yagn bentuknya cair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar